Sabtu, 13 Maret 2010

PENALARAN DEDUKSI

Ekananda Pradipta
10207386/ 3EA04
1. Penalaran Secara Langsung
a. Semua S adalah P
Sebagian P adalah S
Contoh : 1. -Semua batu adalah benda mati.
-Sebagian benda mati adalah batu.
2. -Semua kopi adalah berasa pahit.
-Sebagian yang berasa pahit adalah kopi.
b. Tidak satupun S adalah S
Tidak satupun P adalah S
Contoh : 1. -Tidak satupun tikus adalah ikan.
-Tidak satupun ikan adalah tikus.
2. -Tidak satupun asap adalah angin.
-Tidak satupun angin adalah asap.

c. Semua S adalah P
Tidak semua S adalah tak P
Contoh : 1. -Semua air adalah cair.
-Tidak semua air adalah bukan cair.
2. -Semua kucing adalah jinak.
-Tidak semua kucing adalah tak jinak.

d. Tidak satupun S adalah P
Semua S adalah tak P
Contoh : 1. -Tidak satupun pisang adalah sayuran.
-Semua pisang adalah bukan sayuran.
2. -Tidak satupun mobil beroda dua.
-Semua yang beroda dua adalah bukan mobil.

e. Semua S adalah P
Tidak satupun S adalah tak P
Tidak satupun tak P adalah S
Contoh : 1. -Semua gula adalah manis.
-Tidak satupun gula adalah tak manis.
-Tidak satupun tak manis adalah gula.
2. -Semua es adalah dingin.
-Tidak satupun es adalah tak dingin.
-Tidak satupun yang tak dingin adalah es.


2. Penalaran Secara tidak Langsung

a. Silogisme Kategorial
(my) Semua olahragawan adalah berbadan sehat.
(mn) Bambang Pamungkas adalah seorang olahragawan.
(S) Jadi, bambang Pamungkas berbadan sehat.

b. Silogisme Hipotesa
(my) Jika kamu menerima aku, aku senang.
(mn) kamu menerima aku.
(S) Jadi, aku senang.
Jika kamu tidak menerima aku, aku tidak senang.
Kamu tidak menerima aku.
Jadi, aku tidak senang.

c. Silogisme Alternatif
-Sinchan adalah seorang anak TK atau anak SMA.
-Sinchan seorang anak TK.
-Jadi, Sinchan bukan anak SMA.

d. Entimen
-Semua pramugari adalah cantik.
-Ita adalah seorang pramugari.
-jadi, Ita adalah seorang yang cantik.
Entimen : Ita adalah seorang yang cantik karena Ita adalah seorang pramugari.

e. Rantai Deduksi
Semua Koran adalah bacaan.
Kompas adalah Koran.
Jadi, kompas adalah bacaan.
Tabloid juga bacaan.
Soccer adalah bacaan.
Jadi, Soccer adalah tabloid…
Dst.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar