Selasa, 02 Maret 2010

Beberapa Bentuk Ramuan Herbal

Ramuan herbal atau obat-obatan herbal saat ini sedang naik daun. Hal ini seiring dengan perilaku konsumen masyarakat yang mulai peduli akan kesehatannya dengan mengkonsumsi obet herbal tanpa efek samping. Jika dibandingkan dengan obat-obatan kimiawi yang memiliki efek samping, ramuan herbal cenderung aman untuk dikonsumsi dan tranpa efek samping. Berikut adalah beberapa bentuk ramuan herbal yang banyak beredar di pasaran dalam berbagai bentuk dan rupa:
• Seduhan
Cairan seduhan ini terbuat dari akar, kulit kayu, daun, atau biji yang digiling atau ditumbuk, dengan menuangkan air mendidih pada tanaman obat tersebut dan membiarkannya selama 10-30 menit, mungkin kadang-kadang dengan mengaduk campuran tersebut. Cairan yang dihasilkan disaring dan digunakan. Seduhan dingin bisa dibuat jika prinsip-prinsip aktifnya dihasilkan dari tanaman obat tanpa menggunakan panas atau sebaliknya. Namun sekarang dengan perkembangan ilmu, seduhan kini dapat dikemas dalam kantong teh untuk lebih praktisnya, dan tidak mengurangi khasiatnya.
• Rebusan
Rebusan ini dipersiapkan dengan menggunakan kulit kayu dan akar-akarnya yang telah dipotong-potong, atau digiling yang ditempatkan dalam panci stainless steel atau panci enamel ( bukan alumunium ) dengan air dingin yang dituangkan. Campuran ini direbus selama 20-30 menit, didinginkan, dan disaring. Untuk mendapatkan khasiat yang lebih maksimal bila diminum hangat-hangat.
• Tablet
Tablet ini dibuat dengan memadatkan obat-obatan ke dalam bulatan kecil. tablet lebih mudah diberikan dan memiliki aksi yang lebih cepat karena langsung dapat larut lebih cepat didalam perut.
• Ekstrak cair
Ekstrak ini merupakan bentuk cairan yang paling kental di mana obat-obatan herbal bisa disimpan dalam persediaan obat dalam rumah tangga. Ekstrak cair merupakan obat yang sangat popular dan praktis.
• Pil
Obat obatan herbal sekarang banyak yang berupa pil. Biasanya pil terdiri atas ekstrak-ekstrak padat yang dapat dikombinasikan dengan obat-obatan yang lainnya. Pil tersebut bisa larut dengan gula atau zat lain yang enak rasanya yang mudah larut dalam perut.

Referensi:
http://www.roemahobatalami.com/jus-dan-herbal/bentuk-ramuan-herbal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar